Rabu, 21 November 2012

Pentingnya pembelajran komputer pada anak usia dini


Artikel
Pentingnya pembelajaran komputer pada anak usia dini





Dengan berkembang pesatnya kemajuan teknologi pada saat sekarang ini, maka pembelajaran komputer sangat perlu di perlukan untuk anak usia dini.  Dengan adanya pembelajaran komputer anak akan mengenal teknologi yang sedang berkembang sekarang. Karena Pendidikan selayaknya harus mampu mengembangkan velues, creation, recreation, dan pembiasaan berfikir.
Maka dengan pembelajaran komputer anak bisa memiliki kreasi dalam menggunakan komputer, misalnya ketika anak bermain permaianan yang ada didalam komputer. Di saat anak bermain komputer tidak hanya sekadar bermain saja tapi di saat anak bermain seluruh aspek perkembangannya akan berkembang. Pembelajaran komputer akan membuat anak lebih bersemangat dalam pembelajaran karena pembelajaran yang ditawarkan sangat menarik.
Menurut Catherine dan Glenn de Padua, penulis Teaching Children Computer Literacy, banyak peneliti menyarankan usia 3 - 4 tahun sebagai usia terbaik untuk memulai pelajaran komputer pada anak. Di usia ini, anak sudah menguasai keterampilan hidup dasar, seperti berjalan dan berbicara. Karena itulah ia sudah siap mengeksplorasi komputer dan melakukan aktivitas coba-coba secara langsung.
Dalam penelitiannya, Doman menemukan bahwa sebagian besar anak belajar diantara usia 1 sampai 6 tahun dengan menyerap segala sesuatu yang diajarkan kepada mereka. Pengajaran yang diperoleh anak pada usia ini akan menentukan nilai-nilai atau keterampilan yang akan mereka miliki di masa mendatang.
Dengan menggunkan media komputer akan membantu para guru dalam proses pembelajaran, karena media komputer sangat membatu dalam proses pembelajaran. Minsalnya ketika guru hendak mengajarkan cara berwudhu kepada anak, maka guru bisa menayangkan vidio cara orang berwudhu, tentu saja ini akan membuat anak tertarik, apalagi dilengkapi dengan nyanyian.
komputer dalam proses belajar, akan melahirkan suasana yang menyenangkan bagi anak. Gambar-gambar dan suara yang muncul juga membuat anak tidak cepat bosan, sehingga dapat merangsang anak mengetahui lebih jauh lagi.
Jadi pembelajaran komputer saat ini sangatlah diperlukan dalam pembelajaran anak usia dini, karena komputer sangat membantu guru dalam proses pembelajaran dan membuat pembelajaran lebih berwarna dan menarik. Tapi penggunaan komputer untuk anak usia dini juga perlu pengawasan yang lebih dari guru maupun orang tua karena komputer juga memiliki dampak negatif untuk anak kalau digunkan untuk hal-hal negatif.

Analisis tentang artikel tentang Pentingnya Pembelajaran Komputer Pada Anak Usia Dini
Dengan menggunakan media teknologi dalam pembelajaran akan membatu guru dalam proses pembelajaran, karena dengan menggunakan media teknologi pembelajaran akan terasa berbeda dan menarik. Apalagi untuk anak usia dini yang masih dalam tahap perkembangan, rasa ingin tahunya tinggi, ketika anak melihat komputer maka anak berusaha mengutak atiknya, apa lagi dengan permainan yang ada di dalam komputer yang dapat merangsang kreativitas dan mengembangkan semua aspek perkembangan.
Beberapa keuntungan dalam menggunakan komputer dalam pembelajaran
  • Meningkatkan keterampilan belajar. Penelitian menunjukkan, anak yang  menggunakan komputer memiliki performa akademis lebih baik.
  • Menstimulasi kreativitas dan imajinasi. Pemrograman komputer, walau sederhana akan terasa menantang bagi anak. Anak belajar mengidentifikasi masalah, menganalisa pilihan, dan memilih solusi terbaik. Batasan anak dalam membuat program hanyalah imajinasinya sendiri.
  • Meningkatkan perkembangan kepribadian. Program komputer memungkinkan anak melakukan kesalahan, memperbaiki, dan mencoba lagi tanpa takut dimarahi. Anak jadi terbiasa berani mengambil risiko, memiliki sifat yang lebih independen, dan lebih percaya diri.

By. widiyareski@gmail.com

1 komentar: