Sabtu, 15 Desember 2012

MENGATASI ANAK TIDAK MAU SEKOLAH

Mengatasi Anak Tidak Mau Sekolah

Anak Tidak Mau Sekolah
Anak Tidak Mau Sekolah

 

Sebenarnya penyebab anak tidak mau sekolah adalah salah satu pertanyaan yang bisa saja dijawab dengan beribu sebab dan alasan. Hal ini begitu penting mengingat rasa tidak suka akan sekolah oleh anak anda, bisa bertahan beberapa hari, atau bahkan seumur hidup. Anda harus tahu cara mengatasi anak yang malas sekolah.

Anak Tidak Mau Sekolah
Yang perlu diperhatikan,  bahwa orangtua tidak boleh menekan anak untuk sekolah pada waktu tertentu, itu hanya akan memperkuat rasa mogok sekolah. Ingat, sekolah itu penting, dan anda akan berurusan dengan masa depan anak anda, mengingat pendidikan yang baik adalah bagian yang masa depan.
Ada banyak alasan dan setiap anak adalah individu dan pasti memiliki alasan-nya sendiri yang unik, berikut adalah beberapa alasan kenapa anak anda tidak mau sekolah:
Tidak makan sarapan.
Ternyata sarapan itu penting, beberapa ahli telah menguji anak anak pada umur tertentu, bahwa memiliki sarapan yang baik sebelum sekolah itu meningkatkan rasa keinginan dan mau sekolah. Penelitian menunjukkan bahwa jika anak makan sarapan yang baik mereka bersekolah lebih baik daripada anak yang tidak sarapan.
Kurang tidur dan mengantuk.
Siapapun merasa malas ketika kurang tidur. Mereka tidak sebagai mental waspada karena mereka dapat ketika mereka memiliki tidur malam yang baik dan mereka mungkin cenderung membuat kesalahan dalam pekerjaan sekolah mereka.
Gagal dalam salah satu pelajaran.
Rasa gagal pada salah satu mata pelajaran, bisa jadi penyebab anak malas bersekolah. Ketika mereka gagal, mereka cenderung merasa tidak diperhatikan, dan membuatnya merasa terkucilkan dari teman teman yang lain. Dalam hal ini, harusnya guru harus lebih memperhatikan.
Mereka mungkin tidak menyukai teman sekelas mereka.
Baik seorang anak telah mengulang kelas atau tidak, tetapi anak-anak mungkin tidak seperti teman sekolah mereka yang lain. Ada waktunya dimana anak tidak menyukai teman sekelas, dan ingin menghindari melihat mereka.
Sekolah terlalu mudah atau terlalu sulit.
Pelajaran di sekolah yang mudah akan membosankan, dan membuat anak kehilangan minat dan motivasi belajar. Namun apabila pelajaran terlalu sulit, maka anak bisa jadi akan menghindarinya.
Mereka mungkin tidak suka guru mereka.
Siapa yang suka di ajar oleh orang yang tidak disuka? Anak-anak sama seperti orang dewasa, tidak akan terikat dengan setiap guru dan itu adalah faktanya. Mereka mungkin tidak menyukai guru sehingga mereka tidak mau pergi ke sekolah dan harus menghadapi guru yang sehari-hari.
Tidak memiliki teman.
Hubungan di kelas, termasuk bersama teman dan guru itu sangat membantu motivasi anak untuk sekolah. Pengalaman yang menyenangkan bersama teman dalam belajar di sekolah, akan meningkatkan minat untuk belajar. Coba bertanya kepada guru tentang perilaku anak anda bersama temannya di kelas, dan tanyalah: apakah anak anda pendiam, atau suka berteman?
Rasa tidak bebas.
Beberapa anak tidak menyukai aturan, dan memiliki tingkat kretifiitas tinggi yang membutuhkan kebebasan. Namun, adakalanya anda memberi batas, dimanal limit kebebasan itu. Anak hiperaktif mungkin merasa sangat sulit untuk diam atau berada di satu tempat begitu lama.
Gangguan dari teman.
Gangguan dari teman bisa datang dalam segala bentuk dan ukuran. Seorang guru bisa menjadi pengganggu psikologis memarahi anak di ruang sekolah di depan orang lain, atau pengganggu bisa menjadi teman yang tertawa atau menggoda anak anda. Ini bisa menjadi salah satu sebab mengapa anak tidak mau sekolah.
Tips dan Solusi
  • Bagaimana Orang tua dapat membantu anak-anak mereka yang tidak suka sekolah
  • Jika anak mengakui bahwa dia tidak suka sekolah, cobalah berkomunikasi dan tanya penyebabnya.
  • Cobalah bersimpatik, dan mengekspresikan bahwa anda memahami betapa pentingnya alasan dia malas ke sekolah.
  • Jika anak Anda tidak membiarkan Anda tahu apa masalahnya,
  • Hubungi sekolah dan mencari tahu dari guru jika ada sesuatu yang terjadi yang Anda tidak ketahui.
  • Jangan lupa untuk bertanya, sering kali teman-teman anak atau orang tua dari teman anak anda dapat bisa memberikan beberapa jawaban tentang alasan kenapa anak anda tidak mau sekolah dengan melihat langsung atau tidak langsung di sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar